Fantastik !!!

Mungkin hanya kata itulah yang bisa mengungkapkan suasana di Stadion Utama Gelora Bung Karno sore kemarin. Jauh melebihi perkiraan semula yang diperkirakan sekitar 20 ribu orang Aremania yang akan memadati Stadion terbesar di Asia Tenggara ini. Namun, dari pengamatan Crew Arema Senayan dari Tribun Suporter, tak kurang dari 50 ribu Aremania berbaur bersama The Jakmania suporter fanatik pendukung Persija Jakarta. Jumlah itu belum terhitung yang ada di Sentle Ban dan diluar stadion yang tidak dapat masuk kedalam stadion karena sudah terlalu penuh.

Ibarat kolaborasi Paduan Suara raksasa, Aremania dan The Jakmania terus bernyanyi bergantian dan kadang bersama-sama menyanyikan lagu-lagu dukungan kepada team masing-masing dan lagu-lagu persaudaraan Suporter. Kedua maskot team pun, Macan dan Singa juga berjalan beriringan berkeliling lintasan stadion selama pertandingan.

Sejak 2 hari sebelum pertandingan, ribuan Aremania secara bertahap telah mulai datang ke Jakarta dan mulai memadati sekitar Stadion Utama Gelora Bung Karno. Kedatangan Puluhan ribu Aremania ini membawa berkah tersendiri bagi Panpel Persija Jakarta dan bagi para pedagang di kawasan sekitar Gelora Bung Karno. Seluruh tiket yang dicetak Panpel ludes terjual, demikian juga dengan para pedagang yang pulang dengan tersenyum karena barang dagannya habis di borong suporter yang membutuhkan makan dan minum. Bahkan dari pengamatan Crew Arema Senayan, hanya bisa melihat pedagang minuman masuk sampai di mulut pintu tribun setelah itu balik lagi dengan wadah dagangan yang sudah kosong dan ketika kembali lagi dengan barang dagangannya, hanya sampai di mulut pintu tribun kembali ludes di borong Suporter. Di luar stadion sendiri, sampai 2 jam lepas pertandingan masih nampak kedua suporter bernyanyi dan berjoget bersama merayakan reuni persahabatan mereka, demikian pula dengan pedagang merchandise yang ramai di kunjungi pembeli.

Dari lapangan hijau sendiri, nampak sebelum pertandingan pelatih dan pemain ramai di rubung Fotografer Lokal dan Nasional untuk mengabadikan momen team Singo Edan dengan throphynya yang sudah di peroleh pada pertandingan sebelumnya. Momen ini mungkin sedikit terlambat karena pada pertandingan menentukan sebelumnya tidak dapat di lakukan karena kerusuhan yang diakibatkan suporter tuan rumah.

Sejak Kick Off dimulai, Team Singo Edan sudah tampil garang. Unggul 1-0 pada menit kedelapan melalui tendangan bebas Esteban Guillen membuat Stadion Utama Gelora Bung Karno bergemuruh. Dan stadion kembali bergemuruh 1 menit jelang bubar babak pertama setelah Roman Chmello di langgar di kotak Penalti dan Sang Kapten berhasil mengeksekusi tendangan Penalti dengan sukses.

Team bertabur bintang Persija Jakarta sempat memperkecil kekalahan dengan Goal yang diciptakan oleh Bambang Pamungkas di menit ke 15 babak kedua. Namun keunggulan tak berlangsung lama, karena beberapa menit kemudian berurut-turut Roman Chmello, Nooh Alamshah, dan kembali Roman Chmello memperbesar kemenangan hingga berakhir dengan kedudukan 1-5 untuk keunggulan team tamu.

Keunggulan ini sekaligus menjawab keraguan Mantan Pelatih Tim Nasional Benny Dolo yang sempat mengungkapkan akan kualitas permainan Arema Indonesia. Menghadapi team asuhannya sendiri, telah terbukti bahwa kolektivitas permainan anak asuh Meneer Robert Rene Albert mampu membungkam team bertabur bintang.

Di Pertandingan yang sudah tidak menentukan bagi kedua team itu, dari tribun suporter sama sekali tidak nampak adanya persaingan, yang nampak justru aroma persaudaraan yang kental. Baik di luar stadion sebelum, selama dan setelah pertandingan, maupun di dalam stadion kedua kubu suporter terus menerus saling menyapa dengan nyanyian, tarian dan kreatifitas yang dimiliki. Suasana Stadion lebih mirip menjadi orkestra raksasa yang tek henti-hentinya melantunkan lagu-lagu hasil kreativitas kedua suporter yang sudah banyak di tiru oleh suporter lain.

Dan akhirnya, setelah semua kegembiraan itu berakhir. Puluhan ribu Aremania harus kembali ke kotanya masing-masing. Rombongan bus dan kendaraan pribadi mulai berangsur meninggalkan area Stadion mulai pukul 21.00 WIB – 24.00 WIB. Banyaknya jumlah bus yang meninggalkan area Senayan membuat pihak kemanan harus memberangkatkan secara bertahap untuk menghindari kemacetan yang luar biasa. Sementara rombongan kereta direncanakan akan berangkat sore ini dengan menggunakan kereta api Matarmaja, dan rombongan lainpun juga mulai meninggalkan Jakarta sejak semalam dengan berbagai moda transportasi mulai pesawat, kereta api, dan bus umum. Di perkirakan baru besok atau lusa, seluruh Aremania baru bisa terangkut pulang mengingat kapasitas tranportasi Jakarta-Malang yang terbatas. (lek.)

Foto by (ACH)

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 10.0/10 (1 vote cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +2 (from 2 votes)
Fantastik !!!, 10.0 out of 10 based on 1 rating

Paklek Uning

host cindai. wkakakakaka....

You may also like...

50 Responses

  1. Santoz_Aremania Gunung Kawi says:

    Utas Kerr…AREMA & AREMANIA/AREMANITA IS THE BEST
    Bapakku Aremania
    Ibuku Aremanita
    Pacarku suka Arema
    Yang TERBAIK di INDONESIA

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  2. Sam Ken says:

    Terima kasih The Jak Mania
    Terima kasih bpk petugas
    Terima kasih Aremania
    Terima kasih Panpel
    We are the Champion!!!

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  3. adit says:

    Perdamaian,persaudaraan,persatuan,persahabatan..itulah suasana yang tergambar di SUGBK pada mingu sore, 30-mei-10
    salut bwt AREMANIA & terima kasih bwt JACKMANIA
    Salam Satu Jiwa..Aremania

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  4. Jati-Matraman says:

    rutam nuwus buat nawak2 arsen atas kesediaannya untuk mengurus tiket nawak2 aremania batavia dan sekitarnya
    salute!!!!

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  5. Koko says:

    Very2 fantastic.. koyo’ final piala dunia.. bravo AREMA INDONESIA.. AREMANIA/TA.. D’ JAKMANIA.. SALAM SATU JIWA.. \m/

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  6. dyana says:

    benar2 permainan yg fantastik….kobarkan smangat mu arema indonesia…salam satu jiwaYour comment

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  7. Bobotoh says:

    Memang Arema adalah klub yang patut menjadi percontohan oleh klub2 lain di indonesia. Jujur saya sebagai bobotoh Persib iri dengan arema, arema itu sebuah klub yang mandiri, profesional dan solid. semoga saja klub2 lain dapat mengikuti jejak arema. salam damai dari bobotoh persib. meskipun aremania bermusuhan dengan bonek dan viking bersahabat dengan bonek, tidak menjadi aremania dan bobotoh bermusuhan kan? karena kita bukan viking. selamat arema manjadi juara ISL.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: -1 (from 1 vote)
  8. ppreyppsalsa says:

    thanks to Arsen, mas Ken n mas Dino utk kontribusinya dlm pembelian ticket. Kami berdua (rey n pprey) serta Aremania yg lain bisa larut dlm euphoria di SUGBK.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: -1 (from 1 vote)
  9. aremania bandung siap datang tanggal 6 . . . kita birukan lagi senayan , , , sasaji . . .

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: -1 (from 1 vote)

Leave a Reply